Mempelajari Ilmu Bahasa, Khusunya Ilmu Bahasa Indonesia

Mempelajari Imu Bahasa, Khusunya Ilmu Bahasa Indonesia

bahasa Indonesia via mauritaldrein.wordpress.com
Sobat muda, bahasa adalah satu-satunya media dalam kegiatan tulis menulis. Pentingnya memahami bahasa untuk seorang penulis (berbagai hal) sebagai dasar panduan menulis, atau (barangkali) penyuting naskah harus disadari. Terlebih untuk sobat muda yang masih minim pengetahuuannya (termasuk saya). Untuk itu, perlu mempelajari dan memahami beberapa ilmu bahasa demi memperkaya pengetahuan bahasa kita.

Kajian bahasa itu merupakan bagian dari ilmu bahasa atau linguistik. Ilmu bahasa secara singkat dapat dijelaskan sebagai ilmu yang mempelajari seluk-beluk bahasa secara ilmiah. Artinya tidak terikat pada sesuatu bahasa.

Misal, ilmu bahasa Jawa mempelajari bahasa Jawa. ilmu bahasa Sunda mempelajari bahasa Sunda. ilmu bahasa Indonesia mempelajari bahasa Indonesia. Dan pada kesempataan ini saya akan membahas ilmu bahasa Indonesia.

Selain berdasarkan bahasa yang dipelajari, ilmu bahasa dapat juga diperbedakan berdasarkan struktur intrennya. Berdasarkan ini, ilmu bahasa dapat diperbedakan menjadi fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik.

Fonetik mempelajari bunyi bahasa terlepas dari fungsi bunyi bahasa sebagai pembeda arti; fonologi mempelajari bunyi bahsa sebagai pembeda arti, yang disebut fonem; morfologi mempelajari seluk-beluk struktur kata; sintaksis mempelajari seluk-beluk struktur frase, kalimat, dan wacana; dan semantik mempelajari seluk-beluk arti.

Sebagai ilmu, ilmu bahasa juga berrhubungan erat dengan ilmu-ilmu lain, antara lain: antropologi, sosiologi, psikologi, filsafat dan kesusatraan. Berdasarkan hubungan ilmu bahasa dengan ilmu-ilmu lain itu, ilmu bahasa dapat diperbedakan menjadi etnolinguistik, psikolinguistik, sosiolinguistik, stilistika, dan sebagainya.

Selain daripada yang tersebut di atas, ilmu bahasa dapat  dibedakan atas ilmu bahas historik, ilmu bahasa komparatif, dan ilmu bahasa deskriptif.

Ilmu bahasa historik mempelajari perkembangan sistem suatu bahasa dari satu masa ke satu masa yang lain; ilmu bahasa komparatif memperbandingkan sistem sutau bahasa dengan sistem bahasa yang lain; dan ilmu bahasa deskriptif mempelajari sistem suatu bahasa pada suatu masa tertentu.

Demikianlah sobat muda pilihan (yang saya rasa perlu) bab yang akan saya bahas secara kontinu pada artikel berikutnya.
Semoga bermanfaat.

sumber
  • Disarikan dari buku Morfologi, suatu tinjauan deskriptif oleh Prof. DRS. M. Ramlan.
  • https://mekasakbar.wordpress.com/2011/10/22/linguistik-umum-abdul-chaer/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silakan berkomentar dengan santun, inspiratif dan tidak mengandung SARA...mari saling menginspirasi