Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Ramadhan bulan penuh berkah via aingbudakcimohai.blogspot.com

Sobat muda, akhirnya kita berjumpa lagi di bulan penuh berkah ini, bulan Ramadhan. Bulan di mana segala amalan dilipat gandakan pahalanya. Bulan penuh rahmat. Bulan penuh kasih sayang. Bulan penuh ampunan dan berbagai kenikmatan lainnya.

Keistimewaan bulan Ramadhan membuat para muslimin dan muslimah saling berlomba-lomba dalam mengerjakan perintah-Nya.

Sebagaimana firman-Nya:
“Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadaNya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” ( Q.S Al-Baqarah : 148 )

Bulan Ramadhan hanya ada sekali selama setahun, yang artinya, kita mesti memanfaatkan dan menyadarkan diri sendiri akan keutamaan beribadah di bulan ini. Tapi bukan berarti di bulan-bulan sebelum Ramadan atau setelahnya kita tidak melaksanakan kewajiban kita.

Bulan Ramadhan identik dengan keutamaan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Puasa merupakan salah satu rukun Islam dan setiap umat Islam wajib menjalankannya. Di mana kita menjaga atau menahan diri dari segala sesuatu yang dilarang selama berpuasa; makan, minum, muntah secara disengaja, melakukan hubungan suami istri, dan berbagai larangan lainnya, selama terbit fajar hingga matahari tenggelam.

Sebagai pengingat, keutamaan bulan Ramadhan dijelaskan dalam Al-Quran:

“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

Al Baqarah ayat 183, yang membahas tentang ibadah puasa. Firman Allah tersebut berbunyi:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Selain itu berbagai hadist juga menjelaskan pentingnya berpuasa, salah satunya hadist shahih berikut. Di mana puasa pada bulan Ramadan sebab terhapusnya dosa-dosa yang lampau sebelum Ramadan jika menjauhi dosa-dosa besar. Sebagaimana terdapat riwayat dalam shahih Muslim, no. 233, sesungguhnya Nabi Sallallahu’Alaihi Wasallam bersabda:

Dari shalat (ke shalat) yang lima waktu, dari Jum’at ke Jum’at, dari Ramadan ke Ramadhan, semua itu dapat menghapuskan (dosa-dosa) di antara waktu tersebut, jika menjauhi dosa-dosa besar.”

Di samping beberap keutamaan yang sudah dijelaskan (sebagai pengingat) di atas, ada satu lagi keutamaan yang juga perlu disadari dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, yaitu keutamaan memaafkna sesama.

Oleh sebab itu, penulis meminta maaf dan memohon dibukakan pintu maaf seluas-luasnya bila ada kata, penyampaian, dan berbagai hal kesalahan yang saya perbuat. Saya hanya manusia biasa, tidak luput dari kesalahan.

Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa ini dengan sungguh-sungguh dan hanya semata mengharapkan ridho Allah S.W.T.

Wallahu A'lam Bishawab


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silakan berkomentar dengan santun, inspiratif dan tidak mengandung SARA...mari saling menginspirasi