7 Manfaat Menulis yang Menginspirasi Orang Lain Untuk Menulis

7 Manfaat Menulis yang Menginspirasi Orang Lain Untuk Menulis

manfaat menulis via blogekstra.com
Sobat muda, sebagaimana mulanya tujuan saya membuat blog ini, saya ingin membagi pengalaman, pengetahuan, dan berusaha untuk terus saling menginspirasi.

Kegitan tulis-menulis memerlukan serangkaian kerja yang bukan remeh, tapi bukan pula berat. Tulis-menulis selayaknya dilakukan dengan santai, nyaman, dan suasana menyenangkan.

Kepaduan bahan dan daya pikir kita harus sejalan. Atau paling tidak kita terbiasa memperluas atau mengembangkan suatu gagasan yang dianggap perlu dibahas dan memiliki banyak manfaatnya. Entah itu menulis artikel, puisi, cerpen, novel, karya ilmiah dan sebagainya.

Seorang penulis tentu memahami kode etik menulis. Artinya, ia tahu posisinya sebagai penulis. Ia tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu disampaikan, dan ia pun harus mengetahui bagaimana menyampaikannya.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
― Pramoedya Ananta Toer.

Ungkapan Mas Pram seakan bisa dijadikan pedoman menulis, seakan menyulut titik sadar kita. Titik di mana kita tak mempedulikan kepentingan yang nyatanya penting. Pada zamannya, menulis bukanlah hal yang banyak peminatnya. Pramoedya menjadi prionir dalam menulis ketika itu. Bahkan beliau sampai-sampai dipenjara karena menulis. Akibat karyanya yang dianggap melawan pemerintah ketika itu. Tapi di dalam bui, bukannya jera, beliau malah makin produktif menulis. Banyak karya-karyanya yang hingga kini masih dibacakan dan diterjemahkan ke berbagai bahasa asing.

Dari serangkaian penjelasan di atas, kita dapat memahami pentingnya menulis. Untuk itu berikut poin-poin (tujuh) manfaat menulis yang perlu kita ketahui:

1.      Mendapatkan pahala
Menulis seperti halnya beribadah. Bila niat kita menulis untuk membagikan pengetahuan, alangkah mulianya. Kita bisa mendapatkan ganjaran pahala, dan pahala dunia yang mungkin juga memiliki arti. Sebag ilmu yang dipendam sendiri bisa membawa petaka bagi pemiliknya. Alangkah disayangkan.

2.      Membiasakan pola pikir kreatif
Kegiatan menulis (seperti yang sudah dijelaskan di atas) memainkan peran penting dalam kinerja otak kita. Otak seorang penulis umumnya lebih terkonsep dalam melakukan suatu hal dan menghadapi suatu masalah. Mendidik kemampuan pengetahuan sekaligus membiasakannya.

3.      Menginspirasi orang lain
Dengan pengaruh kita menulis secara persuasif. Tulisan/karya kita yang telah terbit bisa menjadikan orang lain lebih menghargai hidup mereka. Barangkali juga menginspirasi untuk melakukan kegiatan yang lebih berguna daripada membuang-buang waktu.

4.      Meneruskan sejarah
Bahan yang digunakan dalam menulis adalah sejarah yang perlu diteruskan dan disebarluaskan. Misalnya kemahiran mas Pram dalam menulis. Kita sadar menulis bukanlah kegiatan yang sia-sia. Tapi untuk memulainya harus memahami kriteria tulisan yang kita kuasai. Sejarah jelas membantu hal ini.

5.      Menghibur
Media biasanya berperan dalam mengisi, membangun, mengolah informasi lewat rangkaian cerita, berita, dan sederet kemampuan yang membuat kita terhibur. Pesan yang bertolak dari opini lebih sering memainkan keberhasilan tulisan.

6.      Stimulus kehidupan
Artinya, menulis mendorong pembaca untuk melanjutkan informasi yang didapat dari tulisan (suatu karya) dengan keingintahuannya akan informasi tersebut. Keingintahuan ini merupakan stimulus kehidupan untuk mendapatkan jawaban yang sesuai dengan pola kehidupan yang dipilih masing-masing individu.

7.      Memaknai kehidupan
Kehidupan yang singkat ini bila tak memiliki sebuah peran apalah gunanya. Makna hidup seseorang memang tidak ditentukan oleh bisa atau tidaknya membuat karya tulis/karya lainnya. Namun, menulis membantu kita menyadari makna kehidupan yang sejati. Makna berbagi, saling mengisi, menanggulangi, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan saya yang sederhana ini, tapi mudah-mudahan kaya akan manfaat. Kiranya bisa ditambahkan jika berkenan, atau pun dikoreksi.

Kebahagian saya ketika menuliskan ini luar biasa. Menulis memang mengasikkan. Sobat muda teruslah menulis. Teruslah memaknai hidup ini.

Salam inspirasi





  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
8 Juni 2016 pukul 21.33 delete

bener banget gan :D ane setuju semua (y) #HidupPenulis #Blogger

Reply
avatar
8 Juni 2016 pukul 22.54 delete

terima kasih mas, salam hangat.

Reply
avatar

silakan berkomentar dengan santun, inspiratif dan tidak mengandung SARA...mari saling menginspirasi